8 Penyebab Motor Boros Bahan Bakar

  • -
penyebab boros bensin

8 Penyebab Motor Boros Bahan Bakar

Bagi pemilik sepeda motor terutama yang usia kendaraannya lebih dari 3 tahun, biasanya mengalami permasalahan utama tentang borosnya pemakaian bahan bakar. Bensin yang baru diisi full-tank, ternyata langsung habis dalam beberapa hari saja, padahal pemakaiannya normal dan malah cenderung jarang digunakan. Mengapa terjadi pemborosan pemakaian bensin pada sepeda motor lama? Berikut ini beberapa jawaban yang terkait dengan permasalahan tersebut.

penyebab boros bensin

Motor Tidak Irit Pemakaian BBM

Adapun 8 penyebab sepeda motor menjadi boros BBM adalah sebagai berikut:

  1. Perawatan khususnya bagian mesin tidak dilakukan rutin, dan bahkan mengandalkan bengkel biasa bukan bengkel yang resmi. Pada tempat yang direkomendasikan oleh authorized dealer, semua data penting terkait keausan dan permasalahan yang terjadi, telah tercatat dalam file khusus. Setiap penggantian suku cadang yang tercatat rapi, dapat dijadikan jejak menemukan beberapa sparepart yang sudah aus. Pencatatan historis seperti ini terjadi jika anda rutin melakukan perawatan di bengkel resmi. Jadi, jika motor boros bahan bakar, maka mekanik sudah paham bagian aus yang harus diganti.
  2. Motor tidak irit bensin juga dapat disebabkan oleh pengapian yang kurang baik. Campuran pengkabutan antara udara dan bahan bakar terlalu gemuk padahal api terlalu kecil. Cirinya ditunjukkan dengan gejala “batuk-batuk” (meletup) yang keluar dari knalpot dan berbau bensin.
  3. Konfigurasi mesin. Teknologi mesin terbaru yang dikenal cukup optimal dalam pemakaian bahan bakar adalah jenis mesin injeksi. Itulah sebabnya, satria Fu yang baru diluncurkan di tahun 2016 ini menggunakan teknologi injeksi. Untuk sepeda motor lama, biasanya menggunakan mesin karburator. Proses pengkabutan pada injeksi dilakukan secara komputerisasi, sehingga terjadi campuran udara dan bahan bakar optimal yang bersifat dinamis. Bensin yang disemprotkan di ruang bakar (dalam mesin) memiliki jumlah yang berbeda untuk setiap putaran mesin tertentu. Pada mesin jenis karburator, biasanya bersifat statis pada setiap putaran. Ini menyebabkan mesin cukup boros mengkonsumsi bensin. Karena di kota besar, lebih sering terjadi perputaran mesin yang rendah karena kemacetan. Jika kendaraan anda sudah terlalu tua dengan teknologi karburator, rasanya perlu untuk menggantinya dengan motor baru yang berteknologi mesin injeksi. Apalagi, kini kami sedang memberikan promo menarik pembelian motor Suzuki.
  4. Di dalam mesin sepeda motor terjadi timbunan kerak akibat bahan bakar yang tidak terbakar sempurna. Kerak ini mengakibatkan sumbatan pada titik nyala api sehingga api yang membakar bensin menjadi kecil padahal jumlah bahan bakar yang dimampatkan bersifat statis.
  5. Pemborosan bensin terjadi disebabkan pemakaian yang kurang wajar. Jika anda sering melakukan putaran gas secara mendadak lalu tiba-tiba melakukan pengereman, maka jumlah bensin yang ada di dalam ruang mesin menjadi gemuk. Dan ini tidak terbakar seluruhnya (baca poin 2). Memang, mungkin anda tidak meyadari atau merasa mengemudikan motor secara wajar. Tetapi jika jalur yang anda lewati sehari-hari mengalami kemacetan, maka dapat dipastikan bahwa ketidak-wajaran ini terjadi!
  6. Kualitas oktan bahan bakar yang tidak sesuai dengan konsumsi penggunaannya. Jika sepeda motor anda memiliki konfigurasi mesin dengan tingkat kompresi tinggi, maka oktannya juga harus yang tinggi (minimal 91). Jika oktannya rendah, maka campuran tidak optimal dan menyebakan bensin motor menjadi boros.
  7. Kualitas busi yang rendah. Tahukah anda bahwa umur pemakaian busi ada batasan waktunya? Jika melewati masa pakainya, maka api yang dikeluarkan tidak stabil dan kecil. Bengkel yang tidak paham biasanya membersihkan kepala busi sebagai jalan keluar. Tetapi dapat dipastikan ini tidak efektif dan hanya memiliki pengaruh beberapa jam saja. Sudah seharusnya anda mengganti busi yang harganya tidak mahal tersebut agar motor tidak boros.
  8. Kualitas kabel pengapian yang rendah. Terkait umur pakai, pada periode tertentu, kabel-kabel pengapian harus dilakukan penggantian. Berdasarkan pengalaman kami di dealer Sitanala, jumlah konsumen yang memiliki motor berusia lebih dari tiga tahun, ternyata banyak yang belum pernah sama sekali mengganti kabel busi. Apakah anda juga? Inilah salah satu penyebab mesin boros pemakaian bensin.

Delapan hal yang kami sebutkan di atas adalah poin penting yang perlu diperhatikan terkait dengan pemakaian bahan bakar yang tidak irit pada sepeda motor berusia tua (lama). Sebaiknya, sampaikan saja keluhan anda pada mekanik di bengkel resmi tentang permasalahan ini. Bisa saja salah satu poin atau beberapa poin di atas memang sedang terjadi pada kendaraan anda.

Baca juga: Waspada Dealer Motor Tidak Resmi.

Info Menarik Lainnya